Selasa, 05 April 2016

Cara beternak kelinci yang sederhana bisa di lakukan di rumah

Kelinci memang telah mengangkat banyak pertumbuhan ekonomi di mana-mana, pertama kelinci dapat di jual untuk di jadikan kelinci hias, kedua kelinci dapat di jual untuk di nikmati dagingnya. Tapi taukah anda bagaimana cara beternak kelinci yang baik untuk pemula?



Banyak penangkar kelinci memulai beternak dengan caranya masing-masing, dengan begitu setiap penangkar memiliki metode yang berbeda. Kelinci memang salah satu jenis ternak yang belum banyak persainagan karena kelinci belum terlalu populer, walaupun begitu pecinta kelinci bisa dikatakan terus bertumbuh.

Nah sekarang kita bahas cara beternak kelinci dengan cara sederhana yang bisa anda lakukan di rumah. 

Awal beternak kelinci

Kandang
Kandang adalah salah satu properti yang paling di utamakan, bagaimana kita menggunakan kandang untuk proses perkawinan, kandang harus diletakkan di tempat yang tidak bising, jarang orang yang berlalu lalang, mendapatkan sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Indukan
Bila peternakan bertujuan utk daging, dipilih jenis kelinci yang berbobot badan dan tinggi dgn perdagingan yang baik, sedangkan untuk tujuan bulu jelas memilih bibit yang punya potensi genetik pertumbuhan bulu yang baik.

Pakan
Biasanya para peternak kelinci mengkombinasikan antara pakan pelet dan pakan sayuran. Namun ada beberapa peternak yang hanya menggunakan pelet dengan alasan kemudahan dan kandungan gizi yang lebih lengkap. Karena pakan adalah faktor nutrisi yang paling penting saat kelinci hamil dan kesuburan.

Kawin
Kelinci betina segera dikawinkan ketika mencapai dewasa pada umur 5 bulan pada saat itu kelinci telah mencapai tingkat kesuburan yang pas. Bila pejantan pertama kali mengawini, sebaiknya kawinkan dgn betina yang sudah pernah beranak. Waktu kawin pagi hari di kandang pejantan dan biarkan hingga terjadi 2 kali perkawinan, setelah itu pejantan dipisahkan.

Sumber: binatang peliharaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar